Test Untuk Calon Pilot Part 2(E-Profiling)

Setelah lulus Medical Exemination, tes selanjutnya yang saya lalui adalah E-profiling. Tepat tesnya adalah di Lab Psikologi TNI AU di halim perdanakusuma. Tes ini untuk mengukur kemampuan dasar kita and juga tes IQ. Soal soal yang yang harus dikerjakan adalah soal soal bahasa inggris, matematika, fisika dan juga tes IQ berupa serangkaian gambar gambar yang harus dijawab dengan tepat.

Saya sempat takut dan bingung ketika saya mengetahui bahwa teradapat tes matematika dan fisika dalam E-proliling ini, karena sudah 5 tahun saya tidak “menyentuh” matikmatika dan fisika. Pada saat persiapan itu saya bertanya pada teman teman saya yang sudah melaksanakan tes ini sebelumnya seperti apa soal yang akan keluar. Rata rata mereka menjawab tesnya seperti matimatika dasar SMA! Kemudian saya mencari buku buku persiapan SPMB yang tedapat contoh soal matematika dan hanya 10% dari soal itu yang masih saya ingat :D

Untungnya ketika saya kulaih di Bandung dulu, saya kos di daerah cisitu dan tempat kos saya banyak mahasiswa ITB, salah satunya adalah Johnson Marpaung dia mengambil jurusan matematika di ITB, lucky me.. hahahah. Sehingga saya meminta dia untuk mengajari saya matematika dasar.

Apa yang saya belajar dari dia tenyata kelaur semua!! Again.. lucky me. Tetapi yang membuat soal itu susah adalah kita tidak boleh menggunakan kalkulator atau kertas buram untuk mengerjakan soal tersebut, jadi kita haur menghitungnya diluar kepala sambil ngayal!! Saya hanya berhasil mengerjakan 8 dari 10 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 15 menit.

Soal soalnya pun tidak seperti matematika dasar SMA yang menurut saya rumit, tapi lebih kepada matematika logika seperti, menghitung jarak, waktu yang ditempuh, besar kandungan suatu logam, kecepatan dan lain lain.

Saya yakin tanpa belajar pun kita dapat menyelesaikan soal tersebut dengan catatan logika kita baik. Dan again lucky bagi saya, ketika saya kuliah dulu saya terdapat mata kuliah logika. Thanks Prof. Arief Sidharta hahahahhaha

Kemudian berikutnya adalah tes fisika, dan tes ini tidak seperti yang saya pikirkan sebelumnya. Tidak ada soal hitungan hanya teori teori fisika seperti mana katrol yang paling ringan, arus listrik jika lampunya ingin menyala, mana yang tenaganya paling kecil dll.

Soal bahasa ingrisnya pun juga relatif mudah. lebih kepada arti kata, dan gramar.

Semua soal matematika, fisika, dan bahasa inggris masing masing berjumlah 15-20 soal dan dikerjakan dalam batas waktu tertentu. tidak masalah apabila kita tidak menjawab semua soal karena semua hasil tes yang kita jalani akan digabung hasilnya.

tes terakhir adalah tes psycomotoric. Apabila anda sering bermain flight simulator atau game lainnya yang menggunakan joystick tes ini tidak akan bermasalah buat anda. Dalam tes ini  terdapat 3 indikator dalam penerbangan, yaitu heading, altitute dan speed. tugas kita adalah me”maintain” semua indikator tersebut sesuai perintah yang diberikan.

misalnya kita disuruh ke heading 240 dengan ketinggian 4.000ft dan speed 230knot sehingga kita harus menyesuaikan dengan joystick sesuai dengan perintah yang diberikan tersebut. ditambah lagi juga kita harus menekan tombol sesuai dengan perintah. misalnya apabila kita mendengan 3 angka ganjil secara berturut turut kita diharuskan menekan tolbol merah sebaiklnya apabila yang terdengar 3 angka genap berturut turut yang ditekan adalah tombol hijau.

tes ini untuk mengetahui beserapa besar kemampuan koordinasi mata, tangan dan telinga kita.

38 Comments »

  1. Arlianto said

    wahh…makasih share pengalamannya broo…moga2 masih sama tesnya nanti, so we can meet at buleleng..hehe

  2. Riko Arioki Kristiawan said

    sama sama, semoga lulus semua tesnya bro…. saya cuma bisa bantu dengan ini :P

  3. bowo said

    wahh..
    coba dari dulu aq tau web ni.,cz yg jelas ni bntu aq bnget,
    thank’s allot bro…
    wish,can se u in bulelang

  4. Riko Arioki Kristiawan said

    hahhaha, senang bisa membantu semoga sukses tesnya bro

  5. arlianto said

    I LOVE U MAS!!!..hahahah

  6. Riko Arioki Kristiawan said

    i lope yu tu dek hahahhahaha mari kita mengarungi langit buleleng!! wahooooooo

  7. putut said

    mo curhat dikit ni oom.. saya ni critanya kan pngen daftar jg bwt batch4.. nah wkt baca crita yg “di tredmil….. selama 20mnt” saya lari 5 mnt aja blom tentu sanggup, trus bakal lulus ga yha. trus klo mslh berat bdn VS tinggi badan bakal jd masalah ga ya (167cm VS 80kg) makasih lo sblmnya..

  8. putut said

    nanya lagi.. ^_^ trus acara tes2an n wawancaraan sm garuda tu apaan yha.. ntr diapain aja yah?? uummhh. ada kemungkinan gagal ga sih di salah 1 tesnya.. klo ada, brati buang2 duit dong yak.. hmf.. kesian babe. eh maap nyrocosnya kpanjangan.. T.Y banyak lhoo

  9. Riko Arioki Kristiawan said

    klo masalah lulus atau tidaknya saya tidak tau, tapi bedasarkan pengalaman temen2 yang lain tidak semuanya 20 menit. ada yang 10-15 menit.dan itu juga tidak semuanya berlari, tapi bertahap awalnya jalan kemudian berlari ditambah sudut larinya juga dinaikan. wawancara dengan garuda untuk menentukan kita diterima atau tidaknya di garuda. proses wawancaranya sama dengan wawancara pekerjaan yang lainnya. kemungkinan gagal di salah satu tes ada yang memang banyak yang gagal. sebelum kita diterima kita nharus lulus semua tes, kalau soal buang2 duit saya rasa itu resiko. makanya pada waktu itu saya sudah menyiapkan diri jauh2 hari sebelumnya.

    good luck dengan tesnya mas

  10. putut said

    wah tp klo interviewnya ditanya2 soal penerbangan gtu kan msh awam saya.. mangkanya kita mau sekolah kan?! gmn tu sob? maap nanya lg, deg2an nich.. anyway, thnx 4 d answer oom.. klo gtu saya mo siap2 jg deh (siap2nya solat doang).. besok mo medex soalnya wismilak yak, hehee..
    1x lg thnx brader..

  11. putut said

    nambah dikit.. biasanya ptanyaan apa aja c yg ditanyain.. makasi bgt bro jawabanya(butuh bgt lhoo..^_*) soalnya ud down bgt gw gara2 silinder 0.5(bru tau hr ini pas tes) makasi lho.. makasii bgt

  12. Riko Arioki Kristiawan said

    setahu saya tiap orang berbeda beda. karena back ground saya adalah S1 hukum, jadi yang ditanyakan seputar dunia hukum. saya juga ditanya sedikit tentang dunia penerbangan. teman saya ada yang ditanya hitung2an seperti rumus jarak, kecepat, dan waktu.

    semoga sukses

  13. putut said

    makasih jawabn2nya sob.. it helps me a lot.. thnx banyak

  14. Ahmad Zaki Syafrizal said

    Wahh info yg berharga niih…saya rencana ikut yg batch 5 mas..mohon doanya mas…
    Oiya maaf sekalian nitip buat mas Putut Said,gimana mas putut lulus ga???
    ada kendala dimasalah apa bro???

  15. ibam said

    salam..mau sedikit saran dan informasi dari mas riko, apabila berkenan..
    ada ketentuan panjang kaki yang harus 100cm agar bisa mendaftar menjadi pilot? untuk yang sudah lulus kuliah, ada minimal nilai IPK yang harus dipenuhi?
    mungkin untuk masalah biaya selama sekolah, itu sepenuhnya ditanggung garuda atau kita pribadi?trimaksih atas jawaban mas riko. saya harap informasi dari anda bisa menambah persiapan saya kelak. salam

  16. bossanto said

    mas riko, apakah nyo2 dan keme termasuk ada di BIFA??karena ga seru kalo hanya sekolah aja masss….

    salam the wings of indonesia!!

    bossanto

  17. ryan said

    jadi semangat mao ikut tes… doa in yaaa

    2 tahun lg nee

  18. aji said

    omm.., mo nnya nh om,klo misalnya gigi patah,kan tu ada tes pemeriksaan gigi,boleh ga sih klo misalnya gigi kita patah………??????:<'.

  19. yusuf said

    makasi kang atas pengalamannya ,,
    wah tes matematikanya pasti rumit bagi saya ,,
    zZzzzz

  20. yusuf said

    mas saya mau tnya ,, tinggi badan sama berat badan ngaruh gak ya ..minimalya itu smua brp mas kalo bisa lolos sama tinggi n berat badan itu ..
    —makasi—

  21. Riko Arioki Kristiawan said

    waduh kalau itu saya tidak tau mas, coba tanyakan aja dulu di balai kesehatan penerbag di kemayoan

  22. Riko Arioki Kristiawan said

    saya rasa asal badan kita sehat dan proposional tidak masalah tes kesehatannya.
    waktu tes kesehatan pertama kali dulu tinggi saya 178 berat saya 58 kalau dilihat saya tidak proposional

    kalau ragu ,ending dicoba tes kesehatan aja dulu sekarang di balai kesehatan penerbang di kemayoran

    sukses ya

  23. Andika said

    Sekedar informasi untuk yg bertanya ttg berat dan tinggi badan..

    Tinggi badan saya : 177cm

    Berat badan saya : 55kg

    silahkan dibayangkan betapa tidak ideal bentuknya, alias kurus hehe ..

    Untuk masalah gigi, yang penting tidak ada lubang atau gigi rusak yg dapat membahayakan kesehatan. (jadi kalau ada lubangnya mending di tambal dulu sebelum medex)

    (gigi depan saya patah, tapi sudah di tambal dengan gigi palsu)

    Untuk mata, selama anda tidak buta warna, mata minus tidak masalah tapi kalau tidak salah ada batas toleransinya dan itu saya tidak tau, pada waktu medex dibawa aja kacamatanya. Kalau silinder saya kurang tau.

    (mata saya minus 0.5 kanan dan 0.75 kiri)

    Lalu untuk test darah, urine, ecg (test syaraf tubuh), eeg (test syaraf otak), rontgen, dan audiometri (test pendengaran) selama anda merasa sehat dan tidak ada gangguan tidak perlu takut.

    dan Alhamdulillah saya FIT dan telah mendapatkan Medical Certificate dari Balai Kesehatan Penerbang.

    Kebetulan saya sedang mengikuti rangakain test untuk BIFA Batch 6 tahun ini, dan baru akan mengikuti test psychomotoric dan e-profilling minggu ini *deg2an*..

    ps: mohon bantuan dan bimbingan dari Kak Riko :)

  24. Jordian Adhika said

    mas riko, saya mau tanya..
    saya akan tes di BIFA, dan saya sudah membaca artikel mas

    apakah mas punya contoh soalnya?
    karena saya ingin lihat contoh soalnya

    karena nanti tes nya didepan monitor langsung thx

  25. wardian said

    maaf mas,
    kalo masalah tinggi bagaimana??

  26. uzzy said

    mas saya mau tanya… klo mata silinder bener2 ga bisa y?? saya ada silinder cuma 0.1 soalnya.. thx b4

  27. alamsyah said

    wahh info yang sangaatt berharga./. makasih banyak dah share..

  28. ALIF said

    makasih banget buat share pengalaman ttg medexnya ada yang tau info standar kelulusan buat test audio metrinya ga ? saya mau ikut test tp telinga kanan saya lagi gangguan (bindeng, ada cairan di dalam )tapi masih dalam pengobatan yg berpengaruh ke pendengaran setelah di test audio metri di rs tht hasilnya kiri normal kanan terganngu dengan intensitas sedang 45 db .. sy mau daftar tapi takut karena masalah itu

  29. kevin said

    numpang nanya mas, kalau mata kiri saya kira2 minus 2 (gatau ada silinder apa engga),tapi mata kanan normal, jadi secara keseluruhan kalo ngeliat masih normal. Kondisi seperti itu diperbolehkan tidak? Thanks before

  30. Riry said

    Saya mau tanya mas, apakah tes wawancara merupakan tes yang cukup sulit disana? Umumnya pertanyaan dalam tes wawancara tersebut apa saja? Apakah sama seperti tes wawancara kerja pada umumnya? Untuk Interviewer-nya sendiri, apakah orang dari Airline ybs yg mewawancarai langsung?
    Trima kasih sblumnya.. maaf bila terlalu banyak pertanyaan..

  31. micheleee said

    Mas, mau nanya sih. Kalo prempuan yg jd pilot t ada gak? Saya mau banget soalnya. Trus kalau saya bru lulus SMA thn ini ada kemungkinan bisa gak daftar jd pilot? Maaf ya mas nanyanya banyak2 :)

  32. aditya prastyo said

    mas mau nanya saya kan mau tes di BIFA buat batch 8,,pnya contoh soalnya ga mas klo ada di share dnk mhn bantuannya…
    oiya klo varises gtu di tes jga ga sih di balai kesehatan penerbangan di kemayoran itu?? makasih mas

  33. utk mas riko, saya mau tanya mas
    kalo tes fisika dan math nya di bifa soalnya sejenis dengan snmptn ngga?
    terus ada tes toeic, apa akan sejenis dgn soal bhs inggris yg udah mas jelasin diatas?

  34. kiki said

    mas kalo giginya dibehel kira2 ada masalah ga yaa?

  35. GALANG said

    bli bisa tolong share contoh soalnya gk ?? buat gambaran soalnya saya mw test juga nih .. thx before

  36. wildan said

    mas tolong beri tahu saya tentang tes matematika dan fisika?
    contoh soalnya seperti apa untuk matematika dan fisika?

  37. kalo umur untuk daftar ke sekolah penerbangan minimal berapa?
    kalo mislanya dari lulusan sma gimana? masih bisa di test kan?
    mohon bantuannya, saya butuh banget saya pengen jadi pilot buat ngeraih cita cita

  38. ivando bayhaqi said

    Apakah varises dapat lolos juga?

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

